Selasa, 27 Mei 2014

Pesona Pantai Sawmill Kec. Wonosobo, Kab. Tanggamus, Lampung



       
Tanggamus adalah salah satu kabupaten di Propinsi Lampung yang di bagian selatannya berbatasan langsung dengan laut. Karena inilah Tanggamus kaya akan potensi baharinya. Tanggamus dan laut merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan, karena laut memiliki manfaat yang sangat besar bagi kabupaten ini, misalnya
pada sektor pariwisata. Tanggamus memiliki beberapa objek wisata laut, diantaranya Teluk Kiluan dengan lumba lumbanya yang sudah terkenal hingga luar Lampung. Tidak hanya itu, tapi masih terdapat objek wisata lain misalnya Pantai Terbaya, Batu Balai dan yang akan banyak kita bahas selanjutnya yaitu Pantai Sawmill.

          Sesuai namanya, dahulu Sawmill adalah tempat penggergajian kayu. Namun karena sebab tertentu dan seiring berjalannya waktu kegiatan produksi sudah tidak berjalan lagi. Sawmill yang sekarang sudah beralih fungsi menjadi objek wisata. Hal ini dikarenakan Pantai Sawmill memiliki potensi wisata yang cukup menarik.

       Pantai Sawmill adalah pantai yang berada di Kecamatan Wonosobo Kabupaten Tanggamus,  tepatnya berada di ujung Teluk Semangka. Masyarakat yang tinggal disekitar pantai Sawmill seperti Kecamatan Wonosobo, Semaka, Bandar Negri Semuong, Pematang Sawa, dan bahkan Kotaagung menjadikan Pantai Sawmill sebagai tujuan wisata utama bagi mereka khususnya pada saat liburan. 

        Karena berada di teluk, maka ombak di pantai ini relatif kecil sehingga tidak terlalu membahayakan bagi para wisatawan yang ingin menikmati segarnya bermain air di pantai. Selain itu di sepanjang tepi pantai juga terdapat pepohonan yang teduh dan dapat digunakan untuk bersantai atau sekedar berkumpul berasama keluarga menikmati pemandangan di Pantai Sawmill. 

       Pemandangan di Pantai Sawmill sangat menarik untuk dinikmati. Dari Pantai Sawmill kita dapat melihat pemandangan Pegunungan Bukit Barisan disebelah kanan dan disebelah kiri, kita dapat melihat kemegahan Gunung Tanggamus. Tak hanya itu, kita juga dapat melihat Pulau Tabuan yang berdiri menyongsong langit ditengah Teluk Semangka. 

pemandangan bukit barisan

gunung tanggamus

       Disepanjang pantai terdapat pasir halus yang berwarna agak coklat dan tidak berkerikil yang menyambut datangnya ombak. Jenis pasir hampir mirip dengan yang ada di Pantai Parangtritis di Yogyakarta, yang membedakan adalah kelandaian posisi bibir pantainya. Keberadaan pasir ini menutup kemungkinan adanya karang yang dapat membahayakan wisatawan. 

pasir di pantai sawmill

       Pada saat liburan, pengunjung yang berwisata di pantai sangat banyak. Bahkan sempat terjadi kemacetan hingga beberapa kilometer untuk menuju ke objek wisata ini. Hal ini dikarenakan infrastruktur jalan untuk menuju ke pantai tidak dalam kondisi baik. Kondisi jalan masih sempit dan tidak rata. Tentunya hal ini perlu menjadi koreksi bagi pemerintah daerah untuk memperbaikinya.

suasana pantai sawmill saat liburan

        Selain sebagai objek wisata, Pantai Sawmill juga memiliki manfaat yang lain bagi penduduk sekitar pantai. Sebagian besar penduduk sekitar pantai yaitu penduduk Desa Karang Sari berprofesi sebagai nelayan dan menjadikan pantai ini sebagai tempat berlabuhnya kapal. Tak tanggung-tanggung, hasil tangkapan para nelayan sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan ikan hingga Kecamatan Semaka. Selain itu pada saat musimnya, terdapat banyak ubur-ubur di perairan Teluk Semangka. Ubur-ubur ini ditangkap oleh para nelayan menggunakan kapal yang disebut londeng dan pantai ini digunakan sebagai tempat penampungan ubur-ubur hasil tangkapan nelayan. Pada saat puncak musim ubur-ubur, dalam sekali berlayar pendapapatan nelayan dapat mencapai 5 juta. Luar biasa bukan?

      Di pantai ini tidak dikembangkan industri pembuatan garam. Perairan di Teluk Semangka tidak terlalu asin, sehingga tidak cocok untuk produksi garam. Hal ini dikarenakan Teluk Semangka menjadi muara dari beberapa sungai seperti Sungai Semangka. Inilah yang menyebabkan warna air lautnya tidak begitu biru dan agak sedikit keruh.
 
        Untuk mencapai pantai ini, diperlukan perjalanan yang cukup panjang dari ibukota Propinsi Lampung. Dari Bandar Lampung kita harus menempuh perjalanan ± 105 km melewati Kota Gedong Tataan, Pringsewu, dan Kotaagung sebelum sampai di Kecamatan Wonosobo. Kemudian di perempatan Wonosobo, belok kekiri menyusuri jalan yang lebih kecil sejauh ± 4 km hingga sampai di Pantai Sawmill. (lingkaran merah menunjukan lokasi)


          Bagaimana, anda tertarik untuk mengunjungi pantai sawmill ? Ya setidaknya mencari pengalaman baru, karena terlalu mainstream  jika menghabiskan waktu liburan di kota :D . Berikut beberapa foto yg diambil di Pantai Sawmill








4 komentar:

Unknown mengatakan...

boleh lah ya kesana :D

Unknown mengatakan...

pengen kesini :D

Anonim mengatakan...

kalo lebaran kemertua selalu kesini

Unknown mengatakan...

Sering mancing kesituu.. klo pulang kampung desa karang anyar