Kamis, 06 Oktober 2016

Berburu Pengalaman




Setiap kali mengalami suatu kejadian atau permasalahan, apa reaksi kita? Paling tidak ada tiga kemungkinan reaksi kita. Pertama, biasa saja, mengabaikan atau tak peduli. Kedua, kesal, berusaha menghindar karena membuat tidak nyaman. Ketiga, mencoba belajar sesuatu, mencari solusi dan menjadikannya sebagai suatu pengalaman berharga. Mana yang lebih sering kita pilih?


Sebenarnya, reaksi mana yang kita pilih, akan menentukan suasana hati dan “kebahagiaan” diri kita di tengah kejadian atau permasalahan yang sedang dihadapi. Pilihan ketiga adalah pilihan bijak yang paling memberikan “kebahagiaan”, karena setiap masalah yang dihadapi akan dipandang sebagai cara Tuhan mengajari kita menjadi orang yang “lebih”. Entah lebih pintar, lebih kuat, lebih bijak dan segala “kelebihan” lainnya.

Jangan abaikan setiap kejadian sebelum kita yakin bahwa tidak ada satu hal pun yang bisa kita pelajari dan kita jadikan sebagai pengalaman berharga.


Jangan hindari permasalahan, karena perjalanan menemukan solusi dari setiap permasalahan adalah proses “berburu” menemukan mutiara bernama pengalaman. 
Terinspirasi buku "Belajar Bahagia"by Eko Pratomo

0 komentar: